• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • IndonesiaIndonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • S1 Ilmu Komputer
    • Magister Ilmu Komputer
    • Magister Kecerdasan Artifisial
    • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
  • Metode Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi

Metode Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi

  • 5 Agustus 2021, 01.45
  • Oleh :

Dalam proses pembelajaran dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM diharapkan menerapkan metode Student Centered Learning (SCL). Metode SCL yang paling tepat untuk diterapkan pada beberapa mata kuliah pada Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi adalah Collaborative Learning (CbL), Problem-Based Learning (PBL) atau kombinasi keduanya. Namun demikian jika metode SCL dianggap tidak cocok, Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi memutuskan untuk tidak memaksakan penggunaan metode SCL dalam proses pembelajaran.

Metode Pengajaran yang Digunakan: Perkuliahan, Diskusi, Instruksi Terprogram, Study Assignment, Tutorial, Seminar, Demonstrasi, Brainstorming, Bermain Peran, Praktikum di Laboratorium. Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran, yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa (Permendikbud no 3/2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi).

ASIIN Accreditation

  • Certificate
  • Prospective Students, welcome!


    Content: S1 Elektronika dan Instrumentasi

    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Kurikulum
    • Profesi dan Profil Lulusan
    • Capaian Pembelajaran
    • Bidang Kajian
    • Keterkaitan Matakuliah
    • Matakuliah
    • Metode Pembelajaran
    • Metode Penilaian
    • Admission and International Class
    • Module Handbook

    Berita UGM

    • UGM Medicine Faculty & ANU Indonesia Project Launch In Sickness and In Health: Diagnosing Indonesia
    • UGM Students Create Mobile App to Inform Location Accessibility
    • Geography Alumna’s Aromatic Telon Oil Habbie Named 2023 Indonesia Brand Champion
    • Bimasakti UGM Kicks Off Hybrid Technology Research
    • 18,964 UGM Students Receive Scholarships, Director of Student Affairs Says
    • Prof. Budi Setiadi Daryono Recounts Origin of His Apple Melon Cultivar 'Hikapel'
    • UGM Graduate Fajar Kelana Named Top 20 International James Dyson Award Winner
    • Chemical Eng. Students Win International Youth Ideas Competition
    • UGM Secures IDR 67 Billion From 2022 Kedaireka Matching Fund, Most Among Other Universities
    • VRIPE-Health: An Innovation to Boost Interprofessional Collaboration
    Universitas Gadjah Mada

    Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

    Universitas Gadjah Mada

    Gedung C, Lantai 4

    Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

    Introduction

    ©