Kompetensi utama
Lulusan program Doktor Ilmu Komputer UGM mempunyai kemampuan untuk meneliti,mengajar dan bekerja pada divisi litbang suatu institusi. Secara spesifik, program Doktor Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada menghasilkan lulusan yang:
KU-1. Mampu mengembangkan teori, konsep, maupun metode baru dalam bidang ilmu komputer.
KU-2. Mampu menerapkan teori/konsep/metode ilmu komputer, baik untuk kebutuhan industri, aplikasi bisnis, maupun
kebutuhan masyarakat dan pembangunan pada umumnya.
KU-3. Mampu mengembangkan dan meningkatkan penguasaan materi dan ketrampilan dalam bidang ilmu komputer sehingga
berwenang untuk melaksanakan tugas mengajar Program Studi S2 maupun S3 bidang Komputer, serta melaksanakan
penelitian mandiri.
Kompetensi Minat
Berdasarkan dukungan laboratorium keilmuan yang tersedia, ketersediaan sumber daya manusia yang ada, juga perkembangan ilmu dan kebutuhan pemangku kepentingan serta besarnya animo masyarakat untuk mengikuti program S3 di PS Ilmu komputer, maka mahasiswa dapat memilih minat penelitian sesuai dengan ketersediaan lab sebagai berikut :
Kompetensi lulusan minat penelitian Komputasi
KK-1. Mampu mengembangkan teori dan metode komputasi, termasuk komputasi paralel untuk menghasilkan konsep
komputasi cerdas
KK-2. Mampu mengembangkan teori dan metode baru dalam teori ilmu komputer berdasarkan kajian metode formal, metode
matematis atau metode eksperimentatif
KK-3. Mampu mengembangkan metode security maupun metode kriptologi
Kompetensi lulusan minat penelitian Sistem Cerdas
KC-1. Mampu mengembangkan teori, konsep, model arsitektur sistem cerdas menggunakan komputasi-komputasi artificial
neural networks, fuzzy systems, dan evolutionary algorithms
KC-2. Mampu mengembangkan teknik-teknik penalaran komputer dan aplikasinya: teknik penalaran kualitatif, dan teknik
penalaran kuantitatif.
KC-3. Mampu mengembangkan sistem-sistem yang terilhami perilaku makhluk hidup (bioinspired) yang dapat dimanfaatkan
untuk mencari/memberi solusi pemecahan optimal masalah yang dihadapi.
Kompetensi lulusan minat penelitian Rekayasa Perangkat Lunak
KP-1. Mampu mengembangkan konsep, model dan algoritma untuk pengembangan perangkat lunak
KP-2. Mampu mengembangkan perangkat bantu (tools) untuk pengembangan perangkat lunak.
KP 3. Mampu mengembangkan metode testing, verifikasi dan validasi perangkat lunak
Kompetensi lulusan minat penelitian Sistem Komputer dan Jaringan
KJ-1. Mampu mengembangkan teknik menyusun komponen-komponen menjadi suatu platform komputasi yang efisien.
KJ-2. Mampu mengembangkan metode otomasi untuk memudahkan pengembangan platform komputasi
KJ-3. Mampu mengembangkan sistem jaringan untuk mencapai kinerja jaringan yang dikehendaki.
Kompetensi lulusan minat penelitian Elektronika dan Instrumentasi
KE-1. Mampu mengembangkan sistem akuisisi data dan kendali
KE-2. Mampu mengembangkan pengolah data hasil akuisisi yang menghasilkan informasi yang bermakna
KE-3. Mampu mengembangkan jaringan sensor nirkabel untuk pengukuran, pengamatan (monitoring) dan pengendalian