Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap jenjang kualifikasi mencakup proses yang menumbuh kembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik sebagai berikut:
Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
- Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
Pengetahuan
- Mengetahui dan memahami konsep dasar pengetahuan di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mampu menerapkan konsep dasar pengetahuan di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mengetahui dan memahami metodologi penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mampu menerapkan metodologi penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mengetahui dan memahami konsep-konsep cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri
- Mampu menerapkan konsep-konsep cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri
- Memiliki wawasan berwirausaha di bidang elektronika dan instrumentasi
Keterampilan Umum
- Mampu melakukan riset literatur dan melaksanakan penelitian mandiri dan berkelompok.
- Memiliki keterampilan antar-pribadi yang baik; mampu bekerja sama di dalam tim, baik sebagai pemimpin maupun anggota; dan mampu membagi dan mendelegasikan tugas.
- Memiliki rasa tanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
- Mampu berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif; menggunakan satu bahasa asing dengan baik; dan mampu menulis ilmiah dengan benar dan baik.
- Memiliki keterampilan berwirausaha di bidang Elektronika dan Instrumentasi.
- Memiliki keterampilan untuk memperdalam pengetahuan yang telah mereka peroleh sebelumnya dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.
Keterampilan Khusus
- Mampu melaksanakan penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah di bidang elektronika dan instrumentasi
- Mampu merancang dan mengaplikasikan purwarupa sistem di bidang cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri
Capaian pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi pada Kurikulum 2021 telah disusun dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Di dalam KKNI, jenjang S1 berada di level 6 dengan deskripsi kompetensi pada level 6 adalah sebagai berikut:
- Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Mampu Menggerakkan masyarakat untuk menjadi lebih berdaya guna (community development).
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Capaian pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi juga disusun dengan memperhatikan jenjang kemampuan kognitif atau yang sering disebut dengan taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom terdiri dari 6 jenjang, yaitu kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi. Tabel di bawah ini menunjukkan pemetaan aspek capaian pembelajaran KKNI level 6 dengan jenjang kemampuan kognitif taksonomi Bloom. Deskripsi pada tiap-tiap jenjang sekaligus sebagai PLO (Program Learning Outcome) dari Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi dalam akreditasi internasional ASIIN.
Tabel Pemetaan aspek capaian pembelajaran KKNI level 6 dengan jenjang kemampuan kognitif taksonomi Bloom
No | CPL/PLO | Deskripsi | |
1. | Sikap dan Tata Nilai | [PLO1]
Memiliki sikap dan nilai-nilai |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain; menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
2 | Penguasaan Pengetahuan | [PLO2]
Foundational and theoretical knowledge |
Menguasai fondasi pengetahuan dan konsep-konsep teoritis bidang elektronika dan instrumentasi, yang meliputi elektronika, sistem tertanam, instrumentasi, sinyal elektronis, kendali elektronis, kendali fisis, sistem komputer, jaringan komputer, dan sistem cerdas. |
[PLO3]
Applied knowledge |
Menguasai konsep-konsep terapan bidang elektronika dan instrumentasi, yang meliputi metode-metode pemodelan dan optimasi sistem fisis dan elektronika, instrumentasi, otomasi sistem, pengembangan robotika, dan cyber physical system yang didukung oleh sistem cerdas. | ||
3 | Kemampuan Kerja | [PLO4]
Problem solving skills |
Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar, teoritis, dan terapan yang telah diperoleh, serta menyerap perkembangan terbaru melalui penelitian mandiri dan berkelompok untuk menemukan solusi yang konstruktif terhadap masalah yang dihadapi dalam bentuk sistem atau produk. |
4 | Kemampuan Manajerial | [PLO5]
Professional attitudes |
Memiliki keterampilan antar-pribadi, komunikasi dan pembelajar yang baik. Secara spesifik mampu bekerja sama di dalam tim dan memiliki rasa tanggung jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat menyelesaikan tugas untuk mendukung pencapaian hasil kerja tim; mampu berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dari beragam latar belakang, menggunakan bahasa Inggris, dan menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang benar; memiliki keterampilan untuk mengikuti perkembangan terbaru pada bidang elektronika dan instrumentasi pada khususnya dan untuk memperdalam pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat. |