
Yogyakarta, 31 Juli 2025 – Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) FMIPA UGM melakukan kegiatan benchmarking ke Universitas Indonesia (UI) dan BINUS University pada 9-10 Juli 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola laboratorium pendidikan di lingkungan DIKE.
Pada hari pertama, delegasi DIKE melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer UI, yang disambut oleh pimpinan Fakultas dan Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UI. Diskusi berlangsung aktif dengan fokus pada pengelolaan sistem informasi akademik, integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta manajemen infrastruktur laboratorium. Delegasi juga berkesempatan meninjau sejumlah laboratorium di Fakultas Ilmu Komputer, yaitu Laboratorium E-Government & E-Business, AI & Smart City, dan Sistem Informasi dan Big Data, yang mendukung pembelajaran berbasis riset dan pengembangan teknologi cerdas.
Masih di hari yang sama, kunjungan berlanjut ke Departemen Teknik Elektro FT UI. Diskusi difokuskan pada pendekatan berbasis proyek dalam pengelolaan laboratorium pendidikan serta strategi manajemen teknisi dan sarana pendukung. Delegasi juga mengunjungi laboratorium tematik seperti Laboratorium Nano Device dan Laboratorium Teknik Biomedik yang menjadi wadah riset dan pembelajaran.
Kunjungan hari kedua dilaksanakan di School of Computer Science (SoCS) dan Program Studi Computer Engineering, BINUS University. Tim DIKE disambut langsung oleh dekan dan kepala laboratorium. Beberapa topik yang menjadi perhatian bersama adalah digitalisasi aktivitas akademik, pengelolaan laboratorium yang mendukung kompetensi praktikum, serta peluang kerja sama dalam pengembangan kurikulum berbasis perkembangan industri dan riset kolaboratif.
Selain diskusi formal, kunjungan juga diisi dengan observasi langsung terhadap laboratorium praktikum seperti Computing Lab dan CE-Lab yang memfasilitasi eksperimen mahasiswa di bidang AI, IoT, embedded systems, hingga teknologi robotika. Model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan menjadi inspirasi bagi DIKE untuk memperkuat praktik serupa di lingkungan akademik UGM.
Selain memperluas kerjasama akademik, benchmarking ini turut mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 17 (Kemitraan untuk Tujuan), sebagai bagian dari kontribusi DIKE dalam membangun pendidikan tinggi yang unggul dan berkelanjutan.
Author: Rudhi Wijanarko
Editor: Marina
#SDGs4 #SDGs17