• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • S1 Ilmu Komputer
    • S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Ilmu Komputer
    • Program Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Kecerdasan Artifisial
    • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Semua Berita
  • Berita Umum
  • Kegiatan
  • Guru Besar DIKE Berpartisipasi pada Konferensi INQAAHE 2025 untuk Mendorong Kolaborasi Global dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

Guru Besar DIKE Berpartisipasi pada Konferensi INQAAHE 2025 untuk Mendorong Kolaborasi Global dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

  • Kegiatan
  • 20 Mei 2025, 09.00
  • Oleh: wimbono
  • 0

Tokyo, 16 Mei 2025 – Dua guru besar Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, turut hadir dan berpartisipasi aktif dalam Forum International Network for Quality Assurance Agencies in Higher Education (INQAAHE) 2025 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada 13–16 Mei 2025, bersama dengan 10 pimpinan lainnya dari delegasi Indonesia: LAM INFOKOM, LAMEMBA dan LAMDIK. Kehadiran para delegasi Indonesia ini menjadi representasi penting kontribusi Indonesia dalam diskusi global mengenai penjaminan mutu pendidikan tinggi.

INQAAHE adalah organisasi global yang mewadahi lembaga-lembaga penjaminan mutu pendidikan tinggi dari seluruh dunia, yang bertujuan untuk memfasilitasi kerja sama, pertukaran informasi, serta pengembangan kapasitas di antara lembaga penjaminan mutu (quality assurance agencies). Tahun ini, konferensi internasional tahunan INQAAHE sukses diselenggarakan dengan tema “Innovating Quality Assurance: Pathways to Global Relevance and Sustainability”, dihari dari 315 peserta dari seluruh dunia. Konferensi ini menjadi forum yang mempertemukan pakar, praktisi, pembuat kebijakan, dan akademisi untuk berbagi pengalaman serta mendiskusikan tantangan dan peluang dalam sistem penjaminan mutu yang terus berkembang. Pokok pembahasan mencakup isu-isu penting seperti dampak transformasi digital terhadap pendidikan tinggi, akreditasi lintas negara, hingga strategi memperkuat keterlibatan pemangku kepentingan dalam menjaga kualitas akademik.

Presiden INQAAHE, Prof. Maria Kelo, dalam pidato pembukaannya menekankan pentingnya adaptasi dan kolaborasi global dalam menghadapi disrupsi pendidikan. “Kita tidak hanya ditantang untuk menjamin mutu secara lokal, tetapi juga untuk memastikan relevansi global pendidikan tinggi di era yang serba terhubung ini,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, National Institution for Academic Degrees and Quality Enhancement of Higher Education (NIAD-QE) Jepang menampilkan inovasi-inovasi dalam sistem evaluasi institusional mereka, yang mendapat apresiasi luas dari para peserta.

Konferensi berlangsung selama empat hari dengan berbagai rangkaian kegiatan. Hari pertama diisi dengan pre-conference workshops interaktif, membahas topik seperti pemanfaatan AI dalam QA, prinsip dasar QA, strategi pelibatan pemangku kepentingan, dan integrasi SDGs. Hari kedua dibuka oleh Presiden INQAAHE dan keynote Prof. Kyosuke Nagata tentang integrasi agenda keberlanjutan dalam QA, dilanjutkan dengan sesi paralel tentang QA inklusif, SDGs, pendidikan transnasional, dan micro-credentials, serta keynote Paul LeBlanc tentang revolusi AI dalam pendidikan tinggi. Hari ketiga fokus kepada pemanfaatan AI dan pengakuan kredensial. Prof. Peter A. Okebukola menyoroti peran AI dalam efisiensi dan akurasi QA. Diskusi paralel membahas studi kasus penerapan AI, perbandingan kerangka QA antar kawasan, dan akreditasi lintas negara. Forum ditutup dengan rangkuman pembelajaran dan Sidang Umum INQAAHE secara hybrid. Hari keempat menampilkan kegiatan sosial dan budaya, seperti kunjungan ke Universitas Tokyo, tur ke Kuil Meiji Jingu, dan upacara minum teh Jepang, yang menutup forum dengan suasana hangat dan memperkuat kolaborasi internasional.

Konferensi INQAAHE 2025 di Tokyo ini mendorong percepatan menuju integrasi kualitas pendidikan tinggi secara global. Para peserta kembali ke negara masing-masing dengan semangat baru untuk memperkuat sistem penjaminan mutu nasional serta memperluas kolaborasi internasional demi mewujudkan pendidikan tinggi yang menyeluruh dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-4 tentang Quality Education.

 

Author: Lab.SC sh

Editor : Marina

#SDGs4

Tags: SDGs SDGs 4: Pendidikan Berkualitas

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • Asysyfa Maisarah Among 555 Students Receiving Full Tuition Aid at UGM in 2024
    A year ago, the story of Asysyfa Maisarah touched many hearts. The daughter of a farm laborer from a remote village in West Sumatra, she successfully gained admission to Universitas Gadjah Mada (UGM).  More than that, Syfa, her nickname, was awarded a full tuition subsidy scholarship, reducing her tuition fee (UKT) to zero. Her journey […]
  • UGM Provides Scholarships and Laptop Assistance to Promote Inclusive Education
    Universitas Gadjah Mada (UGM) recognizes education as one of the key drivers in advancing human resource development. In line with this, UGM remains committed to ensuring inclusive, equitable, and quality education for all. This commitment is realized through various assistance schemes to support students throughout their academic journey. Among these initiatives are scholarships and laptop […]
  • Mass Food Poisoning in Free Meal Program: UGM Expert Highlights Production Scale and Bacterial Contamination Risks
    A recent case of mass food poisoning affecting several students after consuming meals from the Free Nutritious Meal (MBG) program has drawn public attention.  While the MBG program aims to improve nutritional status, particularly among students, through the provision of free nutritious meals, food safety aspects must not be overlooked in its implementation.  “If the […]
  • UGM Student Wins DAAD Scholarship for Research and Social Contributions in Germany
    Tiara Putri, a doctoral student in the double degree program at the Faculty of Biology, Universitas Gadjah Mada (UGM), has successfully received the STIBET Scholarship for Graduation Support and Outstanding Engagement, funded by the Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD). Receiving this scholarship requires passing a highly competitive selection process. The award is intended to support outstanding […]
  • UGM Empowers Women Entrepreneurs Through MSME Innovation Training
    Data from the Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises in 2024 indicates that 64% of micro, small, and medium enterprise (MSME) actors in Indonesia are women. This underscores the strategic role women play in strengthening household economies and empowering communities. However, many women-led MSMEs still face numerous challenges, including limited access to information […]
  • UGM and Agrinas Pangan Nusantara Collaborate to Supply Gamagora Rice Seeds
    Universitas Gadjah Mada (UGM) and PT Agrinas Pangan Nusantara (Persero) have signed a Memorandum of Understanding (MoU), marking a strategic milestone in efforts to strengthen national food security. The agreement establishes cooperation in distributing Gamagora 7 rice seeds, a plant breeding innovation developed by UGM researchers. In addition to supplying this rice variety, which thrives […]
  • Early Detection of HIV, Syphilis, and Hepatitis B During Pregnancy Prevents Mother-to-Child Transmission
    The transmission of HIV, syphilis, and hepatitis B from mother to child can be prevented through the use of affordable rapid tests to support early diagnosis and treatment during pregnancy. This finding emerged from research conducted by the UGM Center for Tropical Medicine (PKT UGM) across 22 community health centers (puskesmas) in Bandung and Bogor […]
  • UGM Student Health Unit Educates Children on Dental Health from an Early Age
    The prevalence of dental caries among children in Indonesia remains high, particularly in densely populated areas. According to the 2018 Basic Health Research (Riskesdas), around 93 percent of children aged 5–6 years suffer from cavities. This indicates that most Indonesian children are still affected by dental caries. Therefore, early education is essential to raise awareness […]
  • Hindu Community Holds Piodalan Ceremony at UGM Spirituality Center on Purnama Jyestha
    On Monday (May 13), the smoke of ritual incense filled the night air at the Sanatanagama Temple, UGM Spiritual Center. That evening coincided with Purnama Jyestha, a sacred full moon moment in the eleventh month of the Hindu calendar. On this special night, the Hindu academic community at UGM marked the temple’s anniversary through the […]
  • Business Schools Urged to Offer Solutions to Government on Poverty and Institutional Reform
    Business schools in higher education are expected not only to produce highly skilled human resources but also to contribute to national development, particularly in addressing sustainability issues. This is especially important as Indonesia continues to face structural development challenges, including poverty alleviation and institutional reform. This point was raised by the Dean of the UGM […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY