
Yogyakarta, 13 Juni 2025 – Laboratorium Komputer Dasar Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) FMIPA UGM kembali menyelenggarakan kegiatan responsi sebagai bagian dari tahapan akhir praktikum semester genap tahun akademik 2024/2025. Responsi merupakan proses evaluasi akhir yang bertujuan mengukur pemahaman dan keterampilan mahasiswa setelah mengikuti seluruh rangkaian praktikum. Responsi juga berperan sebagai sarana pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai akademik, membangun rasa tanggung jawab, dan menumbuhkan etika profesional pada diri mahasiswa.
Pelaksanaan responsi mengacu pada Peraturan Rektor UGM Nomor 422/UN1.P/SK/HUKOR/2014 tentang Asistensi Sistem Pembelajaran, serta didukung oleh Instruksi Kerja Praktikum Laboratorium Komputer Dasar. Instruksi ini mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan, hingga penginputan nilai akhir ke dalam Sistem Informasi Terintegrasi (SIMASTER) UGM. Dengan menerapkan struktur kerja yang terorganisir, laboratorium berkomitmen untuk memastikan mutu pelaksanaan tetap terjaga serta menjamin setiap tahapan pembelajaran praktik berlangsung secara bertanggung jawab dan transparan.
Untuk memastikan kelancaran dan kualitas pelaksanaan, responsi dilakukan melalui kolaborasi antara dosen pengampu, asisten, dan teknisi. Dosen pengampu bertanggung jawab menyusun soal sesuai capaian pembelajaran serta melakukan penilaian secara objektif. Asisten mendampingi mahasiswa selama responsi berlangsung, menyiapkan presensi melalui SIMASTER, dan mengkoordinasikan pengisian formulir evaluasi online. Sementara itu, teknisi laboratorium memastikan kesiapan perangkat keras dan lunak, termasuk stabilitas jaringan intranet maupun internet yang digunakan saat responsi berlangsung.
Sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi digital, Laboratorium Komputer Dasar menggunakan formulir Google sebagai media evaluasi pasca-praktikum. Mahasiswa diminta untuk mengisi formulir setelah menyelesaikan seluruh sesi praktikum, termasuk responsi. Evaluasi ini mencakup aspek materi dan modul praktikum, performa dosen dan asisten, fasilitas laboratorium, hingga saran perbaikan teknis. Seluruh data yang dikumpulkan digunakan sebagai masukan dalam evaluasi internal laboratorium untuk meningkatkan mutu praktikum pada semester berikutnya.
Kegiatan responsi ini juga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Antara lain, SDG 4 tentang Pendidikan Berkualitas melalui penerapan evaluasi sistematis dan reflektif, SDG 9 tentang Inovasi dan Infrastruktur melalui pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan praktikum, serta SDG 16 tentang Institusi yang Kuat melalui proses yang bertanggung jawab dan transparan.
Author: Rudhi Wijanarko
Editor: Marina
#SDGs4 #SDGs9 #SDGs16