• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • S1 Ilmu Komputer
    • S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Ilmu Komputer
    • Program Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Kecerdasan Artifisial
    • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Magister Elektronika dan Instrumentasi
  • Prosedur Pendaftaran Magister Elektronika dan Instrumentasi

Prosedur Pendaftaran Magister Elektronika dan Instrumentasi

  • 12 April 2023, 05.39
  • Oleh: admin
  • 0
  • Prosedur Pendaftaran
  • Syarat Pendaftaran
  • Biaya Pendidikan
  • sumber: Prosedur Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id
    Jadwal Seleksi Magister dan Doktor – um.ugm.ac.id
    last update: 4 Mei 2023
      1. Menghubungi bagian admisi/sekretariat Magister Magister Elektronika dan Instrumentasi (MEI)
      2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
      3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini. Video Guide, klik di sini.
        1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
        2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
        3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
      4. Lolos ujian tertulis yang diselenggarakan oleh Progran Studi MEI Pada tanggal TBA.
    No Dokumen Format
    (1) Ijazah program pendidikan sebelumnya *.pdf
    (2) Transkrip akademik program pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
    (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi program pendidikan sebelumnya
    (akreditasi saat ini)
    *.pdf
    (4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun
    dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

    • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI),
      Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM,
      Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
      dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS,
      Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan
    (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

    *.pdf
    (5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun
    dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil
    tes kemampuan Bahasa Inggris:

    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM,
      Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT)
      dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI),
      Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP)
      dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui
      oleh British Council/IALF/IDP
      ,
      Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS)
      dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish
      Council
      , Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
    • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF,
      Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF,
      Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
      dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan
    (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    *.pdf
    (6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja
    (format dapat diunduh di sini)
    *.pdf
    (7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku
    (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama)
    *.pdf
    (8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan,
    harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah
    (format dapat diunduh di sini)
    *.pdf
    (9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan
    oleh program studi*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)
    *.pdf
    (10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
    1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
      Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
    2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
      Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
    3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

    Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

  • sumber: Persyaratan Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id
    last update: 4 Mei 2023

    Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

    1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
    2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
    3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

    Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

    4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

    Jenis Skor Minimal Keterangan
    PAPs UGM
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    TPDA PLTI
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

    5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

    Jenis Skor Minimal Keterangan
    AcEPT UGM
    149
    Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    TOEP PLTI
    27
    Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    International English Testing System (IELTS)
    4.0
    Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
    Internet-Based (iBT) TOEFL
    30
    Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
    400
    Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

    Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

    6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
    7. Syarat khusus:

    1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
    2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

    *) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

    8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
    9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
    10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

  • UKT/semester : Rp. 12.000.000,-

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Navigation

  • Program Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Capaian Pembelajaran Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Kontak MEI
    • Kurikulum Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Profesi dan Profil Lulusan Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Prosedur Pendaftaran Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Staff Pengajar Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Tentang Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Visi Misi Magister Elektronika dan Instrumentasi

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • Deputy Minister Nezar Patria and Ryan D’Masiv Inspire New UGM Agriculture Students
    Deputy Minister of Communication and Digital Affairs of the Republic of Indonesia, Dr. Nezar Patria, and musician Ryan D’Masiv delivered motivational messages to 635 new students of the Faculty of Agriculture, Universitas Gadjah Mada (Agriculture UGM), during the campus orientation program PIONIR on Wednesday, Aug. 6, 2025, at the Fisheries field and Agriculture UGM Auditorium. […]
  • LSP UGM Holds Competency Assessor Training and Certification
    The demand for assessors continues to grow as the need for competent and professional assessors in their respective fields increases. Responding to this challenge, Universitas Gadjah Mada Professional Certification Institute (LSP UGM) once again organized the Competency Assessor Training and Certification on Wednesday, Aug. 6, 2025, at the UGM University Club. UGM Rector Professor Ova […]
  • Dr. Dwi Siswanta Inaugurated as UGM Professor, Highlights Potential of Biopolymer Technology for Environmental Sustainability
    Dr. Dwi Siswanta was officially inaugurated as a professor in chemistry at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM), on Tuesday, Aug. 5, 2025, at the Senate Hall of the UGM Central Office.  In his inaugural address, titled “Biopolymer Engineering for Sustainability: Green Innovations for the Environment, Food, and Health”, […]
  • Students from UGM Participate in Morning Kitchen Program in Rawaurip Village to Fight Stunting
    Every morning, the aroma of nutritious food wafts from the kitchen of the Rawaurip Village Head in Cirebon, West Java. The kitchen is used by members of the Family Welfare Empowerment (PKK) working hand in hand to prepare supplementary feeding (PMT) menus for toddlers as part of their concrete efforts to address stunting in the […]
  • UGM and Central Mindanao University Forge Partnership in Education and Research
    Universitas Gadjah Mada (UGM) and Central Mindanao University (CMU) have agreed to establish a partnership under a Memorandum of Understanding (MoU) to carry out academic and research activities between the two universities, covering several areas.  The MoU signing was conducted by UGM Vice-Rector for Education and Teaching Professor Wening Udasmoro and CMU President Dr. Rolito […]
  • UGM Expert Criticizes PPATK’s Dormant Account Blocking Policy as Premature
    The Financial Transaction Reports and Analysis Center (PPATK) has sparked public controversy over its policy of blocking “idle” bank accounts. Hundreds of millions of accounts that have shown no activity in the past three months were classified as dormant or inactive. The measure was said to be aimed at preventing criminal misuse of dormant accounts […]
  • UGM Hosts Workshop to Strengthen Evidence-Based Psychology Practices
    The Faculty of Psychology at Universitas Gadjah Mada (Psychology UGM) hosted three key events aimed at strengthening the development of evidence-based psychology practices in Indonesia.  The agenda included a Regional Workshop, a Comprehensive Systematic Review training, and the Board Meeting of the Association of Indonesian Higher Education Providers in Psychology (AP2TPI).  The four-day program, held […]
  • Gadjah Mada Students Install Solar Street Lights to Boost Safety and Energy Transition
    Yandri Chandra (34) looked delighted as a new street light, installed by Universitas Gadjah Mada Community Service Program (KKN-PPM UGM) students, now stood right in front of his house. Even more remarkably, the 5-meter-high light operates on solar power. “We are deeply grateful to them for helping our nagari (village) progress further. This is truly […]
  • Students of UGM Empower Local MSMEs in Polanharjo, Central Java
    The Student Community Service (KKN-PPM) of Universitas Gadjah Mada (UGM) has carried out a series of economic and agricultural empowerment programs aimed at addressing poverty in Kapuang and Borongan villages, Polanharjo District, Klaten, Central Java. Over 50 days, the student team implemented programs to elevate the potential of local micro, small, and medium enterprises (MSMEs).  […]
  • UGM and Freeport Indonesia Strengthen Collaboration on Research and Human Resource Development in Papua
    Universitas Gadjah Mada (UGM) and PT Freeport Indonesia (PTFI) have agreed to strengthen collaboration in the fields of research and human resource development. This commitment was discussed during a meeting between UGM Rector Professor Ova Emilia and Director and EVP of Sustainable Development at PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma, held at the Rimba Papua Hotel, […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY