
Partisipasi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) DIKE UGM dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan di Perguruan Tinggi
24 Januari 2025 — Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjadi tuan rumah workshop yang bertujuan untuk meningkatkan peran Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan staf laboratorium dengan peserta sebanyak 264 orang dari perguruan tinggi di wilayah D.I. Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diselenggarakan untuk mendukung pemahaman dan penyusunan proposal Karya Inovasi Laboratorium (KILab) di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi (KemenDikTi SainsTek), dengan fokus pada penciptaan layanan laboratorium yang lebih efektif, inovatif, dan terintegrasi di perguruan tinggi.
Workshop ini menghadirkan pembicara, diantaranya Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng.; Prof. Dr. Ir. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM.; Ria Aprilia Ariestianie, M.Psi.; dan Mardi Wasono (PLP di Departemen IKE FMIPA UGM). Para pembicara ini membagikan wawasan tentang pentingnya teknologi dan inovasi dalam laboratorium pendidikan, menekankan bagaimana elemen-elemen ini dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman dalam pelayanan, berinovasi, dan kolaborasi antar elemen di Perguruan Tinggi.
Dalam sambutannya, Prof. Agus Maryono menyoroti peran krusial yang dimainkan oleh laboratorium pendidikan dalam proses pembelajaran, terutama dalam mengembangkan keterampilan praktis yang melengkapi pengetahuan teoritis. Ia menekankan bahwa dengan kemajuan teknologi yang pesat, sangat penting bagi petugas laboratorium untuk beradaptasi, mengintegrasikan alat serta metodologi baru ke dalam praktik mereka, serta dengan inisiatif PLP dan laboran bersama merintas Teaching Factory (TiFa) di laboratorium.
Prof. Ridi Ferdiana lebih lanjut menjelaskan perlunya pengembangan profesional yang berkelanjutan di kalangan staf laboratorium. Ia menunjukkan bahwa adanya workshop seperti ini sangat penting untuk membekali teknisi dengan keterampilan yang diperlukan dalam menerapkan praktik inovatif di laboratorium berbasis digitalisasi. Ia mendorong peserta untuk aktif terlibat dalam diskusi dan berbagi pengalaman untuk mendorong lingkungan belajar kolaboratif.
Ria Aprilia Ariestianie, seorang psikolog, membahas aspek psikologis dari pembelajaran di lingkungan laboratorium. Ia menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang bagi petugas laboratorium, dan hal ini dapat dicapai melalui komunikasi dan kolaborasi yang efektif antara staf laboratorium dan dosen, baik dalam satu unit kerja maupun lintas satuan kerja. Wawasannya menekankan perlunya pendekatan holistik terhadap pendidikan yang mempertimbangkan faktor teknis dan emosional.
Mardi Wasono, PLP di Laboratorium Instrumentasi Departemen IKE FMIPA UGM, membagikan contoh praktis dari inovasi laboratorium yang berhasil diterapkan. Ia mendorong peserta untuk berpikir kreatif dan menjelajahi ide-ide baru yang dapat meningkatkan layanan laboratorium mereka kedalam Karya Inovasi Laboratorium. Presentasinya diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta yang bersemangat untuk menerapkan inisiatif serupa di institusi masing-masing.
Workshop ini juga mencakup sesi diskusi dan workshop dimana peserta dapat melakukan brainstorming dan berkolaborasi dalam mengembangkan proposal inovasi laboratorium. Pendekatan praktis ini memungkinkan peserta untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari para pembicara dan bekerja sama untuk menciptakan rencana yang dapat dilaksanakan untuk laboratorium mereka.
Saat acara berakhir, peserta mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas kesempatan untuk belajar dari para narasumber dan menjalin jaringan dengan sesama teknisi laboratorium maupun antar PLP di wilayah D.I. Yogyakarta dan Prov. Jawa Tengah.
Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 4, yang bertujuan untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas serta mempromosikan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua, workshop ini merupakan langkah signifikan menuju peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Dengan memberdayakan teknisi laboratorium dan PLP untuk mempromosikan penggunaan teknologi dalam pendidikan, workshop ini berkontribusi pada pembangunan lanskap pendidikan yang lebih efektif dan inovatif di Indonesia.
—
Penulis : Mardi Wasono
Editor 1 :Lukman Awaludin, S.Si., M.Cs.
Editor 2 : Furqan (MIK24 – Tim Media)
TAG #SGDs4
SDGs 4: Pendidikan Berkualitas