• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • Sarjana Ilmu Komputer
      • Kelas Reguler
      • Kelas Internasional
    • Sarjana Elektronika dan Instrumentasi
      • Kelas Regular
      • Kelas Internasional
    • Magister Ilmu Komputer
      • Program Regular
      • Minat Manajemen Informasi
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
    • Magister Kecerdasan Artifisial
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Minat AI-Preneur
      • Program Double Degree
      • Minat Applied AI in Business
    • Magister Elektronika dan Instrumentasi
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
    • Doktor Ilmu Komputer
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
  • Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi

Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi

  • 5 Agustus 2021, 02.08
  • Oleh: admin
  • 0

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap jenjang kualifikasi mencakup proses yang menumbuh kembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik sebagai berikut:

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Pengetahuan

  1. Mengetahui dan memahami konsep dasar pengetahuan di bidang elektronika dan instrumentasi
  2. Mampu menerapkan konsep dasar pengetahuan di bidang elektronika dan instrumentasi
  3. Mengetahui dan memahami metodologi penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
  4. Mampu menerapkan metodologi penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
  5. Mengetahui dan memahami konsep-konsep cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri
  6. Mampu menerapkan konsep-konsep cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri
  7. Memiliki wawasan berwirausaha di bidang elektronika dan instrumentasi

Keterampilan Umum

  1. Mampu melakukan riset literatur dan melaksanakan penelitian mandiri dan berkelompok.
  2. Memiliki keterampilan antar-pribadi yang baik; mampu bekerja sama di dalam tim, baik sebagai pemimpin maupun anggota; dan mampu membagi dan mendelegasikan tugas.
  3. Memiliki rasa tanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  4. Mampu berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif; menggunakan satu bahasa asing dengan baik; dan mampu menulis ilmiah dengan benar dan baik.
  5. Memiliki keterampilan berwirausaha di bidang Elektronika dan Instrumentasi.
  6. Memiliki keterampilan untuk memperdalam pengetahuan yang telah mereka peroleh sebelumnya dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu melaksanakan penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi
  2. Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah di bidang elektronika dan instrumentasi
  3. Mampu merancang dan mengaplikasikan purwarupa sistem di bidang cyber-physical system, khususnya IoT, Robotika, dan Otomasi Industri

Capaian pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi pada Kurikulum 2021 telah disusun dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Di dalam KKNI, jenjang S1 berada di level 6 dengan deskripsi kompetensi pada level 6 adalah sebagai berikut:

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Mampu Menggerakkan masyarakat untuk menjadi lebih berdaya guna (community development).
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi juga disusun dengan memperhatikan jenjang kemampuan kognitif atau yang sering disebut dengan taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom terdiri dari 6 jenjang, yaitu kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi. Tabel di bawah ini menunjukkan pemetaan aspek capaian pembelajaran KKNI level 6 dengan jenjang kemampuan kognitif taksonomi Bloom. Deskripsi pada tiap-tiap jenjang sekaligus sebagai PLO (Program Learning Outcome) dari Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi dalam akreditasi internasional ASIIN.

Tabel Pemetaan aspek capaian pembelajaran KKNI level 6 dengan jenjang kemampuan kognitif taksonomi Bloom

 No CPL/PLO Deskripsi
1. Sikap dan Tata Nilai [PLO1]

Memiliki sikap dan nilai-nilai

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain; menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
2 Penguasaan Pengetahuan [PLO2]

Foundational and theoretical knowledge

Menguasai fondasi pengetahuan dan konsep-konsep teoritis bidang elektronika dan instrumentasi, yang meliputi elektronika, sistem tertanam, instrumentasi, sinyal elektronis, kendali elektronis, kendali fisis, sistem komputer, jaringan komputer, dan sistem cerdas.
[PLO3]

Applied knowledge

Menguasai konsep-konsep terapan bidang elektronika dan instrumentasi, yang meliputi metode-metode pemodelan dan optimasi sistem fisis dan elektronika, instrumentasi, otomasi sistem, pengembangan robotika, dan cyber physical system yang didukung oleh sistem cerdas.
3 Kemampuan Kerja [PLO4]

Problem solving skills

Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar, teoritis, dan terapan yang telah diperoleh, serta menyerap perkembangan terbaru melalui penelitian mandiri dan berkelompok untuk menemukan solusi yang konstruktif terhadap masalah yang dihadapi dalam bentuk sistem atau produk.
4 Kemampuan Manajerial [PLO5]

Professional attitudes

Memiliki keterampilan antar-pribadi, komunikasi dan pembelajar yang baik. Secara spesifik mampu bekerja sama di dalam tim dan memiliki rasa tanggung jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat menyelesaikan tugas untuk mendukung pencapaian hasil kerja tim; mampu berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dari beragam latar belakang, menggunakan bahasa Inggris, dan menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang benar; memiliki keterampilan untuk mengikuti perkembangan terbaru pada bidang elektronika dan instrumentasi pada khususnya dan untuk memperdalam pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Navigation

  • Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Bidang Kajian Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Course Evaluation and Feedback Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Kesempatan Bergabung dengan Program Studi Kelas Dunia
    • Keterkaitan Mata Kuliah Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Kurikulum Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Matakuliah Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Metode Pembelajaran Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Metode Penilaian Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Profil Lulusan Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Visi dan Misi Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • RSA UGM Calls for Early Prevention of Prediabetes Through Weight Management and Regular Physical Activity
    Weight loss has been proven effective as a therapeutic approach for individuals with prediabetes. Prediabetes is a condition in which blood sugar levels are higher than normal but not high enough to be classified as type 2 diabetes.  Weight reduction is recommended as therapy because it helps decrease body fat quantity and activity, particularly around […]
  • Indonesian Ambassador to Ethiopia Partners with UGM to Strengthen Academic Collaboration with African Universities
    Universitas Gadjah Mada (UGM) welcomed the visit of Dr. (H.C.) Al Busyra Basnur, Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary of the Republic of Indonesia to the Federal Democratic Republic of Ethiopia and the African Union (2019–2025), on Friday (Oct. 31) at the UGM Rector’s Guest Room. The visit discussed opportunities to strengthen academic partnerships between UGM and […]
  • FT UGM Strengthens Positive Brand Image through Public Relations Workshop
    Amid the increasingly dynamic challenges of digital communication, the Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada (FT UGM) took a proactive step by organizing a Public Relations Workshop and Training on Thursday (Oct. 30).  The event, titled “Synergy in FT UGM Public Relations: Optimizing the Role of PR in Strengthening the Positive Brand Image of FT […]
  • Biology UGM Releases 5,000 Yellow Rasbora Fish into Gandok River to Support Ecosystem Restoration
    The Gama Wader Team from the Faculty of Biology, Universitas Gadjah Mada (Biology UGM), in collaboration with the National Research and Innovation Agency (BRIN), successfully released 5,000 yellow rasbora fish into the Gandok River, Sumbermulyo Village, Bantul Regency, on Thursday (Oct. 30). This fish restocking activity was supported by the Global Alliance for Improved Nutrition […]
  • Student Journalists at UGM Urged to Uphold Objectivity Amid Digital Manipulation
    Disinformation and social media algorithms have become major factors shaping public opinion in the digital era. The challenges faced by today’s press differ greatly from those of the past. Whereas journalists once faced censorship and physical repression, today’s battleground has shifted to the digital sphere, where the flood of information, disinformation, and algorithmic bias pose […]
  • Driven by Sustainability, Fajar Munichputranto Advances Career Through UGM–UQ International MBA
    For some, staying in their comfort zone may feel secure, but not for Fajar Munichputranto, a student in the Master of Business Administration Program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Despite many considerations, after years in the banking industry and leading a renewable energy company, Munichputranto chose a new […]
  • Semar UGM Wins Second Place at 2025 Energy-Efficient Car Contest
    Behind the roar of energy-efficient engines, the spirit of Universitas Gadjah Mada (UGM) students from the Semar Team continued to burn brightly, leading them to remarkable success at the 2025 Energy-Efficient Car Contest (KMHE) held from Oct. 23 to 26, 2025, at Universitas Jember. The competition brought together 44 teams from 68 universities, showcasing their […]
  • Universitas Gadjah Mada Advocates for Global Education Transformation Rooted in Local Wisdom
    Universities are encouraged to continue strengthening international collaboration that not only enhances academic capacity but also generates tangible benefits for local communities. The Asia Pacific Association for International Education (APAIE) Capacity Building Program 2025 served as an important forum for researchers and academics to shape the future of education that is more adaptive, inclusive, and […]
  • UGM Student Startup Ranks in Top 3 of Pertamuda Seed and Scale 2025
    Orionex Solusi Digital (AutoInsight), one of three Universitas Gadjah Mada (UGM) student teams competing in the national entrepreneurship competition Pertamuda Seed and Scale 2025, secured the top position in the Early Stage Startup (ESS) category. With this achievement, Orionex Solusi Digital (AutoInsight) received IDR 100 million in development funding, IDR 25 million in business mentoring […]
  • High Informal Employment in Indonesia Reflects Structural Poverty, Says Economist at UGM
    The Statistics Indonesia (BPS) survey in February 2025 revealed that the share of informal sector workers in Indonesia reached 59.4 percent. This high percentage, according to economists, continues to hinder Indonesia’s ambition to become a developed nation. The inadequate absorption of workers into the formal sector and the decline in full-time employment are considered the […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY