
Rapat Evaluasi dan Rencana Kerja Laboratorium Dasar DIKE Tahun 2025
24 Januari 2025 — Laboratorium Elektronika Dasar dan Laboratorium Instrumentasi Dasar Departemen IKE menyelenggarakan rapat evaluasi dan rencana kerja laboratorium tahun 2025 di Ruang TURING DIKE. Pertemuan ini bertujuan untuk menilai kondisi laboratorium saat ini serta mengumpulkan masukan dan saran berharga dari para dosen, asisten instruktur, tenaga kependidikan, teknisi laboratorium, dan praktisi. Rapat ini dihadiri oleh tokoh-tokoh kunci di departemen, termasuk Prof. Sri Hartati, Prof. Trikuntoro Priambodo, Dr. Bambang Nurcahyo, serta kepala laboratorium, Dr. Danang Lelono dan Dr. Yunita.
Proses evaluasi ini sangat penting bagi pengembangan laboratorium, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang menekankan pentingnya pendidikan berkualitas dan keberagaman budaya. Para peserta membahas bagaimana laboratorium dapat lebih baik melayani kebutuhan pendidikan mahasiswa serta menyempurnakan sarana dan prasarana yang diperlukan.
Selama rapat, Prof. Sri Hartati menyoroti pentingnya pendidikan dasar dalam membentuk masa depan mahasiswa. Ia menekankan bahwa laboratorium tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga pada pemikiran kritis dan kreativitas mahasiswa. Hal ini sejalan dengan tujuan SDGs untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata bagi semua.
Dr. Bambang Nurcahyo mengusulkan integrasi keberagaman budaya ke dalam kurikulum laboratorium. Ia berargumen bahwa memperkenalkan mahasiswa pada berbagai perspektif budaya akan memperkaya pengalaman belajar mereka dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja global. Inisiatif ini tidak hanya akan memperkaya lingkungan pendidikan, tetapi juga mempromosikan sikap saling menghormati dan memahami di antara mahasiswa dari berbagai latar belakang.
Kepala laboratorium, Dr. Danang Lelono dan Dr. Yunita, memaparkan visi mereka untuk masa depan laboratorium. Mereka menguraikan rencana peningkatan fasilitas yang ada dan pengenalan teknologi baru guna mendukung pengalaman belajar secara langsung. Komitmen mereka terhadap perbaikan berkelanjutan mencerminkan dedikasi departemen dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa yang terus berkembang.
Sepanjang rapat, para peserta aktif terlibat dalam diskusi, saling berbagi wawasan dan saran untuk rencana kerja laboratorium. Suasana kolaboratif ini menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta rapat dan pengampu Laboratorium Keilmuan di Departemen IKE, memperkuat pentingnya kerja sama tim dalam mencapai tujuan departemen.
Sebagai kesimpulan, rapat ini berfungsi sebagai platform untuk dialog konstruktif dan perencanaan strategis. Wawasan yang diperoleh dari pertemuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan laboratorium, memastikan bahwa laboratorium tetap menjadi sumber daya vital bagi mahasiswa dan pusat inovasi pendidikan.
Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika berkomitmen untuk melaksanakan masukan dan saran yang dihasilkan selama rapat serta menantikan tahun yang sukses ke depan, di mana laboratorium diharapkan dapat memainkan peran penting dalam memajukan pendidikan dan mendorong departemen menuju standar Internasional.
Komitmen Laboratorium Elektronika Dasar dan Laboratorium Instrumentasi Dasar dalam meningkatkan kualitas pendidikan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata (SDG 4). Upaya peningkatan fasilitas, pengembangan kurikulum berbasis keberagaman budaya, serta eksplorasi peluang pendanaan menunjukkan langkah konkret menuju laboratorium yang lebih inovatif dan berdaya saing global. Dengan semangat kolaborasi dan perbaikan berkelanjutan, laboratorium ini diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran yang tidak hanya membekali mahasiswa dengan keterampilan teknis, tetapi juga mengembangkan pemikiran kritis dan kreativitas mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.
– – – –
Penulis : Mardi Wasono
Editor : Furqan (MIK24 – Tim Media)
TAG #SGDs4
SDG 4: Pendidikan Berkualitas