• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • Sarjana Ilmu Komputer
      • Kelas Reguler
      • Kelas Internasional
    • Sarjana Elektronika dan Instrumentasi
      • Kelas Regular
      • Kelas Internasional
    • Magister Ilmu Komputer
      • Program Regular
      • Minat Manajemen Informasi
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
    • Magister Kecerdasan Artifisial
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Minat AI-Preneur
      • Program Double Degree
      • Minat Applied AI in Business
    • Magister Elektronika dan Instrumentasi
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
    • Doktor Ilmu Komputer
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Program Double Degree
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru

  • 1 Maret 2022, 03.22
  • Oleh: admin
  • 0

Persyaratan Pendaftaran Program Magister

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI
27
Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS)
4.0
Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Internet-Based (iBT) TOEFL
30
Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
400
Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Prosedur Pendaftaran Program Magister

    1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
    2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
    3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
      1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
      2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
      3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
(1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI), Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

*.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

*.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research) *.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
    Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

 

Sumber Informasi:

  1. Persyaratan Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id
  2. Prosedur Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Navigation

  • Program Doktor Ilmu Komputer
    • Doktor Ilmu Komputer Program Double Degree
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Daftar Mata Kuliah Pilihan
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Daftar Topik Disertasi Mahasiswa
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Kurikulum
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Metode Pembelajaran
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Mobilitas Mahasiswa
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Penilaian
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Profil Lulusan
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Prosedur Operasional Standar (POS)
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Tujuan Pendidikan dan Capaian Pembelajaran Program
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Visi Misi
    • Program Pra Doktoral
    • Program Studi Doktor Ilmu Komputer Berbasis Penelitian

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • Gadjah Mada Students Channel Social Criticism and Resistance Through Monologue Performances
    A room inside the Margono Soeradji Building, Faculty of Dentistry, Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) fell silent and dim, except for a single spotlight illuminating the lone actor at the center of the stage. The light shifted colors as music played softly in the background, following the narrative flow and the emotions expressed by the […]
  • Second Temanggung Karawitan Festival Showcases Collaboration Between UGM Philosophy Faculty and Local Artists
    Academics from the Faculty of Philosophy, Universitas Gadjah Mada (Philosophy UGM), who are part of the Community Service Team consisting of Dr. Sartini, Dr. Supartiningsih, Dr. Septiana Dwiputri Maharani, and Dr. Lailiy Muthmainnah, once again organized the Second Temanggung Karawitan Festival. The event took place on Sunday, Oct. 19, 2025, at Sasana Budaya Bumi Phala […]
  • Indonesia’s Forest Carbon Trade Puts Governance Accountability to Test
    Indonesia holds immense potential in the biological carbon trade, particularly from its forestry, mangrove, and peatland sectors. Minister of Forestry Raja Juli Antoni stated that Indonesia’s potential carbon trade value could reach up to IDR 41.7 trillion per year, calculated from the sale of 13.4 billion tons of CO₂ equivalent for USD 5 per ton. […]
  • Students Showcase Creative Vision in UGM’s Porsenigama Photography Competition
    A cold Saturday morning in the third week of October wrapped the eastern area of Universitas Gadjah Mada (UGM)’s campus, known as Wisdom Park. Dozens of students were warming up for their baseball practice. From one corner of the field, Axell, a student from the Faculty of Law, carried his SLR camera, capturing moments as […]
  • UGM Vocational College Strengthens Role of Applied Education in Its 16th Anniversary Celebration
    The Vocational College at Universitas Gadjah Mada (SV UGM) held an Open Senate Meeting to mark its 16th Anniversary on Monday (Oct. 27) at the Teaching Industry Learning Center (TILC) Building. The event, themed “Building Impactful Applied Bachelor’s, Master’s, and Doctoral Programs,” was attended by Dr. Dwi Purwantoro, Director General of Water Resources at the […]
  • Nutmeg Plant Research Brings UGM Biology Student to Leiden’s Herbarium Center
    The Faculty of Biology at Universitas Gadjah Mada (Biology UGM) continues to strengthen its international research network through a joint research program with Leiden University, the Netherlands. Dany Lesmana Hakim, a doctoral student from the faculty, had the opportunity to participate in collaborative research at the Naturalis Biodiversity Center and the Hortus Botanicus Leiden from […]
  • 1,100 Participants Join Korpagama Fun Walk to Celebrate UGM Anniversary
    A total of 1,100 participants took part in the Korpagama Family Fun Walk organized by the Corps of Universitas Gadjah Mada Employees (Korpagama) on Sunday (Oct. 26) at the Balairung Hall, UGM Central Office. Carrying the theme Ngaruhke, Nguwongke Kabeh Pegawai (Acknowledging and Valuing All Employees), the event was held to commemorate the 20th anniversary […]
  • Feed Director at Agriculture Ministry Earns Doctorate from UGM with Research on Livestock Shipping
    Tri Melasari, Director of Feed at the Directorate General of Livestock and Animal Health, Ministry of Agriculture, Republic of Indonesia, has successfully earned her doctoral degree from the Faculty of Animal Science, Universitas Gadjah Mada (Animal Science UGM).  She achieved the distinction through her dissertation titled Effectiveness of Camara Nusantara Livestock Vessel and Implementation of […]
  • Influenza Cases Surge, UGM Expert Urges Government to Strengthen Surveillance and Vaccination
    Influenza cases in Indonesia have increased significantly over the past month. According to data from the Ministry of Health as of Oct. 9, 2025, the proportion of patients testing positive for influenza in week 40 increased by 55%. A professor of clinical microbiology at Universitas Gadjah Mada (UGM), Tri Wibawa, stated that the rising public […]
  • UGM Patriot Expedition Team Studies Development of Key Commodities in North Konawe Transmigration Area
    The Patriot Expedition Team of Universitas Gadjah Mada (TEP UGM) is developing key commodities in the Hialu transmigration area, North Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province. The area, established as a transmigrant settlement in 1994, primarily focuses on oil palm plantation as its main commodity. The Hialu Transmigration Area comprises four Settlement Unit Areas (SKP), located […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY