• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • S1 Ilmu Komputer
    • S1 Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Ilmu Komputer
    • Program Magister Elektronika dan Instrumentasi
    • Magister Kecerdasan Artifisial
    • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Studi S2 Ilmu Komputer
  • Kurikulum Program Studi S2 Ilmu Komputer

Kurikulum Program Studi S2 Ilmu Komputer

  • 1 September 2022, 01.01
  • Oleh: admin
  • 0
  • Sasaran Kurikulum
  • Dasar Hukum Penyusunan Kurikulum
  • Dasar Perubahan Kurikulum 2022
  • Sasaran Kurikulum

    Sasaran pengembangan kurikulum ini adalah: 

    1. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran dan penelitian di Program Studi Magister Ilmu Komputer UGM. Hal ini didasarkan pada indikator rata-rata IPK mahasiswa, rata-rata waktu studi mahasiswa serta kualitas dan kuantitas publikasi baik mahasiswa maupun dosen. 
    1. Tersedianya kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer yang dapat mengikuti perkembangan mutakhir keilmuan dan penelitian. Sasaran ini akan dievaluasi berdasarkan variasi topik tesis mahasiswa serta kualitas publikasi dosen dan mahasiswa. 
    1. Dihasilkan lulusan program studi yang mampu menyesuaikan diri, beretika dan berwawasan kebangsaan, baik sebagai agen pembangunan maupun pengembangan ilmu komputer, serta  berkemampuan akademik yang tinggi sehingga dapat berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional. Hal ini didasarkan pada sebaran asal mahasiswa, tingkat kompetisi, ketiadaan pelanggaran etika ilmiah, kuantitas publikasi internasional baik dosen maupun mahasiswa, dan rata-rata IPK mahasiswa. 

    Indikator capaian program studi dengan baseline di tahun 2021 sampai target di tahun 2031 ditunjukkan pada Tabel berikut ini. 

    No.  Indikator  Baseline 

    (2021) 

    Midline 

    (2026) 

    Target 

    (2031) 

    1  Sebaran asal mahasiswa  Nasional  Internasional  Internasional 
    2  Tingkat kompetisi  1,3  1,5  1,7 
    3  Kualitas Tesis  ASEAN  Asia  Internasional 
    4  Variasi Topik Utama Tugas Akhir 

    per angkatan 

    20 topik  25 topik  30 topik 
    5  Rata-rata IPK  3.60  3.65  3.70 
    6  Rata-rata waktu studi  28 bulan  26 bulan  24 bulan 
    7  Pelanggaran etika ilmiah  0  0  0 
     

    8 

    Jumlah penelitian dosen yang 

    melibatkan mahasiswa per tahun 

     

    20 

     

    25 

     

    30 

     

     

    9 

    Jumlah publikasi internasional dari mahasiswa bersama dosen 

    per tahun 

         
    1. Internasional  bereputasi  5  10  15 
    2. Internasional  10  20  30 
     

    10 

    Jumlah mahasiswa yang mengikuti program 

    Double/Dual Degree 

     

    2 

     

    4 

     

    7 

    11  Jumlah mahasiswa asing  1  3  5 

    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 
    2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi 
    3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa 
    4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi 
    5. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi 
    6. Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Kerangka Dasar Kurikulum. 

  • Dasar-dasar hukum perubahan kurikulum adalah sebagai berikut: 

    1. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. 
    2. Peraturan Rektor UGM Nomor 14 Tahun 2020 tentang Kerangka Dasar Kurikulum UGM. 
    3. Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. 
    4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. 
    5. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. 
    6. Hasil Rapat Senat FMIPA UGM tentang perubahan kurikulum program pascasarjana FMIPA UGM. 
    7. Workshop, rapat dan pertemuan mengenai kurikulum di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika dan di Program Studi Magister Ilmu Komputer yang melibatkan Dosen, Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna Alumni. 

    Secara umum, dasar perubahan dan penyusunan kurikulum yang baru adalah 

    1. Memenuhi perubahan-perubahan yang terjadi pada standar-standar kurikulum internasional, terutama Computer Science Curricula 2020 yang disusun oleh The Joint Task Force on Computing Curricula Association for Computing Machinery (ACM) IEEE Computer Society. 
    2. Menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 
    3. Menyesuaikan program learning outcome agar memenuhi standar internasional. 
    4. Memenuhi rekomendasi yang ditemukan dalam kegiatan akreditasi maupun kegiatan audit lain. 
    5. Menyesuaikan isi dan silabus mata kuliah yang ada, agar dapat menggambarkan tren yang sedang berkembang dan perkembangan mutakhir riset di bidang ilmu komputer. 

    Kurikulum adalah sebuah rencana pendidikan yang akan diberikan kepada mahasiswa untuk memperoleh derajat pendidikan tertentu. Kurikulum tidak saja terbatas pada materi yang diberikan di dalam kelas, tetapi juga meliputi berbagai hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama masa pendidikan guna mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Berdasarkan perubahan- perubahan yang dilakukan diharapkan: 

    1. Kurikulum program studi sesuai dan dapat mengikuti standar internasional. 
    2. Mutu kurikulum meningkat dan memenuhi persyaratan-persyaratan akreditasi nasional maupun internasional. 
    3. Pengakuan dari perguruan tinggi terkemuka dalam bentuk kesetaraan lulusan. 
    4. Kesesuaian karakteristik lulusan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. 
    5. Lulusan mempunyai kemampuan mengembangkan diri, mengikuti tren dan perkembangan-perkembangan mutakhir riset di bidang ilmu komputer, dan kemampuan lulusan yang diakui oleh dunia profesinya. 

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Navigation

  • Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Capaian Pembelajaran Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Course Evaluation and Feedback Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Kelas Pra Magister Ilmu Komputer
    • Kurikulum Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Mata Kuliah Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Metode Penilaian Program S2 Ilmu Komputer
    • Module Handbook Program S2 Ilmu Komputer
    • Profil Lulusan Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Program Studi S2 Ilmu Komputer Manajemen Informasi
    • Prosedur Pendaftaran Magister Ilmu Komputer
    • Pusat Unduh Dokumen Program Studi S2 Ilmu Komputer
    • Visi dan Misi Program S2 Ilmu Komputer

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • UGM Student Wins DAAD Scholarship for Research and Social Contributions in Germany
    Tiara Putri, a doctoral student in the double degree program at the Faculty of Biology, Universitas Gadjah Mada (UGM), has successfully received the STIBET Scholarship for Graduation Support and Outstanding Engagement, funded by the Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD). Receiving this scholarship requires passing a highly competitive selection process. The award is intended to support outstanding […]
  • UGM Empowers Women Entrepreneurs Through MSME Innovation Training
    Data from the Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises in 2024 indicates that 64% of micro, small, and medium enterprise (MSME) actors in Indonesia are women. This underscores the strategic role women play in strengthening household economies and empowering communities. However, many women-led MSMEs still face numerous challenges, including limited access to information […]
  • UGM and Agrinas Pangan Nusantara Collaborate to Supply Gamagora Rice Seeds
    Universitas Gadjah Mada (UGM) and PT Agrinas Pangan Nusantara (Persero) have signed a Memorandum of Understanding (MoU), marking a strategic milestone in efforts to strengthen national food security. The agreement establishes cooperation in distributing Gamagora 7 rice seeds, a plant breeding innovation developed by UGM researchers. In addition to supplying this rice variety, which thrives […]
  • Early Detection of HIV, Syphilis, and Hepatitis B During Pregnancy Prevents Mother-to-Child Transmission
    The transmission of HIV, syphilis, and hepatitis B from mother to child can be prevented through the use of affordable rapid tests to support early diagnosis and treatment during pregnancy. This finding emerged from research conducted by the UGM Center for Tropical Medicine (PKT UGM) across 22 community health centers (puskesmas) in Bandung and Bogor […]
  • UGM Student Health Unit Educates Children on Dental Health from an Early Age
    The prevalence of dental caries among children in Indonesia remains high, particularly in densely populated areas. According to the 2018 Basic Health Research (Riskesdas), around 93 percent of children aged 5–6 years suffer from cavities. This indicates that most Indonesian children are still affected by dental caries. Therefore, early education is essential to raise awareness […]
  • Hindu Community Holds Piodalan Ceremony at UGM Spirituality Center on Purnama Jyestha
    On Monday (May 13), the smoke of ritual incense filled the night air at the Sanatanagama Temple, UGM Spiritual Center. That evening coincided with Purnama Jyestha, a sacred full moon moment in the eleventh month of the Hindu calendar. On this special night, the Hindu academic community at UGM marked the temple’s anniversary through the […]
  • Business Schools Urged to Offer Solutions to Government on Poverty and Institutional Reform
    Business schools in higher education are expected not only to produce highly skilled human resources but also to contribute to national development, particularly in addressing sustainability issues. This is especially important as Indonesia continues to face structural development challenges, including poverty alleviation and institutional reform. This point was raised by the Dean of the UGM […]
  • UGM Students Secure Second Place in National Livestock Innovation Paper Competition
    A team of students from the Faculty of Animal Science at Universitas Gadjah Mada (Animal Science UGM) has earned national recognition for their achievement. The team, comprising Tanaya Bagus Priya Waskita, Raden Roro Salsabila Arrozza, and Sigit Septian Hadi, under the supervision of Galuh Adi Insani, secured second place in the 2025 National Scientific Paper […]
  • UGM and Ministry of Transmigration Strengthen Partnership for Empowerment and Development in Transmigration Areas
    Universitas Gadjah Mada (UGM) has established a strategic partnership with the Ministry of Transmigration of the Republic of Indonesia to strengthen efforts to empower communities and develop transmigration areas.  The partnership was formalized on Wednesday (May 14) at the UGM Jakarta Campus with the signing of a Memorandum of Understanding (MoU) and two Cooperation Agreements […]
  • UGM Professor Wening Udasmoro Honored with Universitas 21 Inclusive Global Engagement Award
    Universitas Gadjah Mada (UGM) has achieved another milestone on the international stage through the accomplishment of Professor Wening Udasmoro, a member of the Faculty of Cultural Sciences (FIB UGM), who has been awarded the Inclusive Global Engagement Award by Universitas 21 (U21), a global network of top-tier universities across six continents.  This award recognizes Professor […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY