• Pendaftaran
  • Webmail
  • Perpustakaan
  • Portal Akademik
  • Universitas
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Departemen
    • Manajemen
    • Staf Administrasi & Teknis
    • Fasilitas
    • Kontak & Lokasi
  • Program Studi
    • Sarjana Ilmu Komputer
      • Kelas Reguler
      • Kelas Internasional
    • Sarjana Elektronika dan Instrumentasi
      • Kelas Regular
      • Kelas Internasional
    • Magister Ilmu Komputer
      • Program Regular
      • Minat Manajemen Informasi
    • Magister Kecerdasan Artifisial
      • Program Reguler
      • Program Berbasis Penelitian
      • Minat AI-Preneur
      • Minat Applied AI in Business
    • Magister Elektronika dan Instrumentasi
      • Program Reguler
    • Doktor Ilmu Komputer
      • Program Reguler
  • Riset
    • Kelompok Riset
      • Elektronika dan Instrumentasi
      • Sistem Komputer dan Jaringan
      • Algoritma dan Komputasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak dan Data
      • Sistem Cerdas
      • Lab Riset​ Sistem Tertanam dan Robotika​
    • Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    • Laboratorium Layanan
      • Lab Komputer Dasar
      • Lab Elektronika Dasar
      • Lab Instrumentasi Dasar
  • Pengajar & Publikasi
    • Daftar Dosen
  • Akademik & Mahasiswa
    • Pendaftaran
    • Program Pra Doktoral
    • SOP Panduan MBKM DIKE
    • Laporan Evaluasi Semester Program Studi
    • Prosedur
    • Mahasiswa
      • HIMAKOM
      • HMEI
      • OMAH TI
    • Beasiswa
    • Dokumen Akademik
  • Beranda
  • Program Doktor Ilmu Komputer
  • Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru

  • 1 Maret 2022, 03.22
  • Oleh: admin
  • 0

Persyaratan Pendaftaran Program Magister

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI
27
Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS)
4.0
Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Internet-Based (iBT) TOEFL
30
Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
400
Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Prosedur Pendaftaran Program Magister

    1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
    2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
    3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
      1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
      2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
      3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
(1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI), Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

*.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

*.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research) *.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
    Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

 

Sumber Informasi:

  1. Persyaratan Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id
  2. Prosedur Pendaftaran Program Magister – um.ugm.ac.id

Programs

  • Undergraduate Programs in Computer Science
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Undergraduate Programs in Electronics & Instrumentation
    • + Regular Program
    • + International Program
  • Postgraduates
    • + Magister in Computer Science
    • + Magister in Artificial Intelligence
    • + Magister in Electronics & Instrumentation
  • + Doctorate in Computer Science

Navigation

  • Program Doktor Ilmu Komputer
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Daftar Mata Kuliah Pilihan
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Daftar Topik Disertasi Mahasiswa
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Kurikulum
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Metode Pembelajaran
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Mobilitas Mahasiswa
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Penerimaan Mahasiswa Baru
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Penilaian
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Profil Lulusan
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Prosedur Operasional Standar (POS)
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Tujuan Pendidikan dan Capaian Pembelajaran Program
    • Program Doktor Ilmu Komputer: Visi Misi
    • Program Pra Doktoral

Prospective Students, welcome!


Berita UGM

  • UGM Students Turn Plastic Waste and Rice Husks into Eco-Friendly Industrial Fuel
    Plastic waste has become one of the most threatening environmental pollutants. It not only contaminates ecosystems but is also challenging to decompose, and its microplastic residues can harm human health. In response, a team of students from Universitas Gadjah Mada (UGM) has developed Stivalution, an eco-friendly industrial bio-pellet fuel made from Low-Density Polyethylene (LDPE) plastic […]
  • Veterinary Experts from UGM Help Magelang Farmers Prevent Sudden Fish Deaths Through Better Pond Management
    Small-scale freshwater fish farming is becoming increasingly popular among residents of Petung Hamlet in Wates Village, Magelang Regency, Central Java. Locals have taken advantage of the area’s abundant water resources to establish fish farms, which serve as an additional source of income to enhance their household economies. However, this venture is not without its challenges, […]
  • Gadjah Mada Students Develop IoT-Based Device for Early Detection of Oral Fungal Infections
    Oral candidiasis or oral thrush is a disease of the oral cavity caused by infection with the fungus Candida albicans. Under normal conditions, this fungus is part of the mouth’s natural flora. However, when the microflora is imbalanced or the immune system is weakened, it can become pathogenic, leading to inflammation and white lesions on […]
  • Strengthening Academic Ties, UGM Expands Collaboration with Ehime University Japan
    The President of Ehime University, Japan, Dr. Hiroshige Nishina, paid an official visit to Universitas Gadjah Mada (UGM) on Thursday, Oct. 16, 2025. The meeting aimed to further develop cooperation between UGM and Ehime University in education, research, and publication, building on a partnership established since 2007. UGM Rector, Professor Ova Emilia, expressed that the […]
  • Reducing Chemical Fertilizer Use, UGM Students Produce Organic Fertilizer from Household and Farm Waste
    The use of fertilizers and chemicals in agriculture is often seen as an instant solution to increase crop yields. These substances enhance agricultural productivity and provide additional nutrients, such as potassium, NPK, nitrogen, and phosphorus, that plants need. However, excessive use of fertilizers and chemicals can lead to serious impacts, including soil quality degradation, water […]
  • Non-Invasive Patch Vaccine Innovation by UGM Students Combines Sacha Inchi Oil and Chitosan
    The COVID-19 pandemic marked the beginning of modern vaccine technology innovation. However, various challenges emerged during its implementation, including reliance on medical personnel and the public’s fear of needles. Moreover, conventional vaccines raise environmental concerns due to the large amounts of plastic waste they generate. These conditions have driven innovation to create vaccination methods that […]
  • On Its 42nd Anniversary, UGM Graduate School Reaffirms Commitment to Advancing Human Capital Quality
    The Graduate School at Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) held its 42nd Anniversary Celebration on Thursday (Oct. 16) at the SPs UGM Auditorium. This year’s celebration carried the theme “Transformation Towards Indonesia with Excellent Human Resources.” UGM Rector, Professor Ova Emilia, expressed her full support for the SPs’ commitment to producing graduates with strong competence […]
  • UGM Promotes Household Waste Management Awareness Among Youth
    The issue of waste management has become increasingly critical in Indonesia. The country’s consumption of products that generate waste continues to rise each year. According to data from the Ministry of Environment and Forestry, Indonesia produces 64 million tons of trash annually, with household waste such as food scraps, plastic, and other organic waste accounting […]
  • UGM Student Team Proposes Social Audit to Prevent Corruption in Public Procurement
    Corruption practices are increasingly prevalent among political elites and government officials. The Corruption Eradication Commission (KPK) has identified the public procurement sector as one of the most corruption-prone areas, consuming around 30% of the national budget (APBN) annually. Ironically, the regulations governing this sector often accommodate corruption, leading to what is known as state capture. […]
  • 3D Printing Technology Offers New Opportunities for MSMEs to Innovate in Food Processing
    The use of 3D printing in food processing opens significant opportunities for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) to produce precise, unique, and value-added products. With this technology, food designs can be made more diverse and appealing to meet consumer demands, even enabling the creation of products with shapes and sizes previously impossible through conventional […]
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Gadjah Mada

Gedung C, Lantai 4

Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta 55281

Introduction

Mahasiswa

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY