
Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) FMIPA UGM menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pembelajaran Semester Gasal 2024/2025 pada Rabu (8/1). Acara yang berlangsung pada pukul 12.00 WIB ini dipimpin oleh Ketua Gugus Jaminan Mutu dan Akreditasi, Drs. Janoe Hendarto, M.I.Kom. serta dibuka langsung oleh Ketua Departemen, Wahyono, Ph.D.
Rapat tersebut melibatkan Tim Koordinasi Semester (TKS) dari setiap program studi di lingkungan DIKE. Anggota TKS terdiri dari dua dosen non pejabat dan satu perwakilan mahasiswa, hal ini menjadikan kolaborasi harmonis antara tenaga pendidik dan mahasiswa dalam mendukung evaluasi pembelajaran pada ruang lingkup kampus.
Drs. Janoe Hendarto, M.I.Kom. menjelaskan bahwa evaluasi dilakukan melalui survei kepada mahasiswa dari setiap program studi dibawah naungan Departemen. Survei ini mencakup beberapa aspek penting, seperti evaluasi terhadap proses perkuliahan, layanan akademik, sarana prasarana, serta layanan pembimbingan akademik. “Selain data kuantitatif, survei ini juga akan mengakomodasi masukan kualitatif dari mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih menyeluruh,” ujarnya.
Hasil evaluasi rencananya akan dipublikasikan melalui situs resmi Departemen, sekaligus menjadi rujukan bagi tindak lanjut yang dilakukan oleh masing-masing prodi, departemen, atau fakultas. Sebagai informasi, hasil evaluasi semester sebelumnya dapat dilihat melalui tautan berikut: Hasil Evaluasi DIKE.
Kegiatan ini sebagai komitmen Departemen DIKE dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Rapat koordinasi untuk evaluasi pembelajaran ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi berbagai potensi perbaikan yang dibutuhkan, sekaligus mempertahankan hal-hal yang sudah berjalan dengan baik.
Sebagai dukungan terhadap proses evaluasi, Tim TKS mengimbau Ketua Himpunan Mahasiswa di setiap prodi agar turut aktif melibatkan anggota himpunan mereka dalam pengisian survei maupun hearing session. “Semakin banyak partisipasi mahasiswa, maka semakin baik hasil yang didapat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran,” kata salah satu anggota TKS.
Melalui sinergi antara mahasiswa, dosen, dan pimpinan, evaluasi semester ini diharapkan menjadi metode efektif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang semakin berkualitas dan inklusif di FMIPA UGM.
Melalui rapat koordinasi untuk evaluasi pembelajaran ini, UGM membuktikan komitmen dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pada SDG nomor 4, 10, 16 dan 17. Dengan fokus utama pada evaluasi pembelajaran, perbaikan kualitas pendidikan, serta memastikan layanan akademik yang baik merupakan bagian dari komitmen mendukung pendidikan berkualitas sesuai tujuan dari SDG 4. Keterlibatan mahasiswa dalam proses evaluasi, baik melalui survei maupun hearing session, mencerminkan prinsip inklusi dan partisipasi aktif, mengurangi kesenjangan antara pihak pengajar dan mahasiswa sesuai dengan capaian dari “Reduced Inequalities” pada SDG 10. Transparansi hasil evaluasi melalui publikasi di situs resmi mencerminkan upaya membangun institusi yang efektif, bertanggung jawab, dan transparan selaras dengan SDG 16. Kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan pimpinan menunjukkan sinergi dalam mengoptimalkan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan SDG 17.
Author: Furqan (MIK24 – Tim Media)
Editor: Lukman Awaludin, S.Si., M.Cs.