
Yogyakarta, 24 Mei 2025 – Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) FMIPA UGM menyelenggarakan kegiatan workshop bertajuk “Evaluasi dan Peninjauan Konten/Bidang Keilmuan” yang dilaksanakan di Ruang Kenari, Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Sabtu, 24 Mei 2025. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam proses penyusunan Kurikulum 2026, yang dirancang agar semakin relevan dengan kebutuhan mahasiswa dan tantangan dunia kerja, sekaligus selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Workshop ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di lingkungan DIKE FMIPA UGM, mulai dari pengelola departemen, ketua komite kurikulum, ketua jaminan mutu, pengelola program studi, hingga kepala laboratorium keilmuan, termasuk Lab Elektronika dan Instrumentasi, Sistem Komputer dan Jaringan, Sistem Tertanam dan Robotika, Sistem Cerdas, Algoritma dan Komputasi, serta Rekayasa Perangkat Lunak dan Data.
Kegiatan dibuka oleh Ketua Departemen, Wahyono, S.Kom., Ph.D. yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembaruan konten pembelajaran yang adaptif dan dan berorientasi masa depan. Ia menekankan bahwa kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan agar mampu menjawab tantangan global dan mendorong kontribusi lulusan terhadap pembangunan berkelanjutan.
Selama sesi workshop berlangsung, peserta aktif terlibat dalam diskusi dan peninjauan konten mata kuliah laboratorium keilmuan. Beberapa agenda yang dibahas meliputi evaluasi efektivitas implementasi konten di tiap jenjang, identifikasi konten yang belum berjalan optimal, usulan penggabungan mata kuliah yang serupa, serta penambahan konten baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan tren industri saat ini.
Diskusi ini sebagai bentuk keseriusan DIKE dalam menjaga kualitas dan relevansi kurikulum, serta mendorong keterlibatan lintas bidang keilmuan untuk menyusun strategi pembelajaran yang komprehensif. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen untuk menghadirkan kurikulum yang tidak hanya kuat secara akademik, tetapi juga mendukung pengembangan soft skills dan kesiapan kerja lulusan.
Workshop ditutup dengan kesepakatan untuk menindaklanjuti hasil evaluasi dalam bentuk revisi konten, integrasi topik baru, dan pembaruan struktur mata kuliah sebagai bagian dari penyusunan Kurikulum 2026. Diharapkan, langkah ini akan menghasilkan pendidikan yang lebih berkualitas, kontekstual, dan berorientasi masa depan.
Kegiatan ini juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas), melalui peningkatan mutu konten akademik dan penyusunan kurikulum yang adaptif terhadap kebutuhan global.
Author: Wimbono
Editor: Marina
#SDGs4