Laboratorium Algoritma dan Komputasi DIKE UGM Raih Hibah IEEE untuk Pemberdayaan Guru Daerah

Laboratorium Algoritma dan Komputasi DIKE UGM Raih Hibah IEEE untuk Pemberdayaan Guru Daerah

Yogyakarta, 17 Oktober 2025 – Laboratorium Algoritma dan Komputasi, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) FMIPA UGM berhasil memperoleh hibah pengabdian kepada masyarakat dari IEEE Computer Society melalui proposal berjudul “Empowering Underserved Teachers with Scratch for Interactive Science and Social Studies Teaching”.

Program yang diusulkan berfokus pada peningkatan kapasitas guru di daerah luar Pulau Jawa melalui penggunaan Scratch sebagai media pembelajaran visual. Melalui platform ini, guru didorong untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih interaktif, khususnya pada mata pelajaran IPA dan IPS. Pendekatan visual yang mudah dipahami dinilai mampu membantu siswa menangkap konsep ilmiah dan sosial secara lebih intuitif, sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih menarik.

IEEE Computer Society menilai proposal tersebut unggul dalam aspek data pendukung, ketepatan justifikasi, potensi dampak, dan detail perancangan program. Dengan total pendanaan sebesar USD 6.500, program ini menjadi salah satu inisiatif dari Indonesia yang lolos dalam skema hibah “Broadening Participation in Computing”. 

Dalam tahap awal, beberapa sekolah di Sumatera Barat telah ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan program pada awal 2026. Selain memberikan pelatihan terkait Scratch dan pengembangan bahan ajar, program ini juga dirancang untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses mengajar sehari-hari. Diharapkan, kegiatan ini mampu memperluas literasi dan menghadirkan pengalaman belajar yang lebih bermakna untuk siswa.

Laboratorium Algoritma dan Komputasi berharap hibah ini dapat menjadi pembuka bagi program-program pengabdian lain yang lebih luas. Selain memperkenalkan praktik pembelajaran interaktif, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi Lab untuk memperluas kerja sama dengan sekolah dan pemerintah daerah. Dukungan IEEE memberikan dorongan besar bagi tim pengusul untuk terus menghadirkan inovasi pendidikan yang relevan dan berkelanjutan.

Program ini sekaligus menunjukkan kontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu SDG 4 (Quality Education) melalui peningkatan kualitas pengajaran bagi guru di daerah. Selain itu, kegiatan ini mendukung SDG 10 (Reduced Inequalities) dengan mempersempit kesenjangan akses pendidikan antara daerah perkotaan dan wilayah terpencil. 

Author: Lab AK
Editor: Marina
#SDGs4 #SDGs16


Sebelumnya
Berikutnya