Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Ilmu Komputer
Untuk mendapatkan profil lulusan seperti di atas, ditetapkan capaian pembelajaran (Program Learning Outcome, PLO) dari Program Studi Magister Ilmu Komputer. Capaian pembelajaran program studi terdiri dari empat unsur, yaitu (1) Sikap dan Tata Nilai, (2) Penguasaan Pengetahuan, (3) Kemampuan Kerja, dan (4) Kemampuan Manajerial. Capaian pembelajaran program studi telah disetarakan dengan level 8 pada KKNI.
|
Sikap dan Tata Nilai
|
|
|
[PLO1]
|
SIKAP DAN TATA NILAI (ATTITUDES AND VALUES) |
|
|
|
Penguasaan Pengetahuan
|
|
|
[PLO2]
|
PENGETAHUAN DASAR DAN TEORITIS (FUNDAMENTAL AND THEORITICAL KNOWLEDGES) |
| Lulusan memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep, teori, metode, model, dan algoritma dalam bidang ilmu komputer khususnya pada sains komputasi, sistem komputer, dan analisis data. | |
|
[PLO3]
|
PENGETAHUAN TERAPAN (APPLIED KNOWLEDGE) |
| Lulusan memiliki kemampuan menerapkan konsep, teori, metode, model, dan algoritma dalam pengembangan: sistem berbasis sains komputasi; sistem komputer; atau sistem analisis dan visualisasi data. | |
|
Kemampuan Kerja
|
|
|
[PLO4]
|
KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM SOLVING SKILL) |
|
Lulusan memiliki kemampuan menganalisis dan merumuskan permasalahan sains dan teknologi bidang ilmu komputer untuk memformulasikan dan mendesain alternatif penyelesaian melalui pendekatan interdisipliner atau interdisipliner sehingga menghasilkan karya yang kreatif, inovatif dan teruji.
|
|
|
Kemampuan Manajerial
|
|
|
[PLO5]
|
SIKAP PROFESIONALISME (PROFESSIONAL ATTITUDE) |
|
Lulusan memiliki sikap profesional yang meliputi kemampuan bekerja secara mandiri maupun secara berkelompok, kepemimpinan, rasa tanggung jawab, komunikasi yang efektif baik secara lisan maupun tulisan, dan keterampilan untuk mengikuti perkembangan bidang ilmu komputer dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.
|
|
Keterkaitan Capaian Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom
Capaian pembelajaran Program Studi Magister Ilmu Komputer mengikuti domain pembelajaran berdasarkan Taksonomi Bloom yang meliputi Knowledge, Attitude, dan Skills. Hubungan antara masing-masing capaian pembelajaran dengan domain pembelajaran disajikan pada Tabel berikut ini.
Keterkaitan PLO dengan domain pembelajaran menurut Taksonomi Bloom
|
Capaian Pembelajaran |
Kognitif (Knowledge) |
Afektif (Attitude) |
Psikomotor (Skills) |
|
PLO1 |
∨ |
||
|
PLO2 |
∨ |
||
|
PLO3 |
∨ |
∨ | |
|
PLO4 |
∨ |
∨ | |
|
PLO5 |
∨ | ∨ |
∨ |