Yogyakarta, 25 November 2025 – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM) DIKE FMIPA UGM kembali menyelenggarakan program pengembangan kompetensi mahasiswa melalui Pelatihan Internal OmahTI pada Periode Genap 2024/2025. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Organisasi Mahasiswa Ahli Teknologi Informasi (OmahTI), salah satu organisasi di bawah HIMAKOM yang berfokus sebagai ruang belajar bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan di berbagai bidang teknologi informasi.

Selama satu semester, delapan divisi pada OmahTI yaitu Frontend, Backend, UI/UX, Mobile App Development, Game Development, Competitive Programming, Cyber Security, serta Data Science & Artificial Intelligence menyelenggarakan sesi pelatihan rutin setiap minggu. Kurikulum di masing-masing divisi disusun secara sistematis dan mengikuti perkembangan standar kompetensi terbaru agar pembelajaran tetap terarah dan relevan dengan kebutuhan industri. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 106 mahasiswa.
Program ini berfokus pada peningkatan keterampilan teknis, serta menumbuhkan pola pikir analitis, kolaboratif, dan kreatif. Melalui pembelajaran yang terstruktur, para anggota dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi, mengembangkan produk teknologi, serta berkontribusi melalui layanan-layanan berbasis IT di lingkungan HIMAKOM maupun fakultas.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta merasakan berbagai manfaat, mulai dari pemahaman konsep teknis yang semakin mendalam hingga penguatan portofolio yang relevan dengan kebutuhan karir di bidang teknologi. Lingkungan belajar yang intens namun tetap kolaboratif memberikan ruang bagi anggota untuk bertanya, berdiskusi, dan mengembangkan perspektif bersama rekan serta mentor dari setiap divisi. Pelatihan Internal tahun ini juga mendapat dukungan penuh dari Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM, yang melihat program ini sebagai bagian dari ekosistem pembelajaran mahasiswa.

Kegiatan Pelatihan Internal OmahTI turut berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) melalui peningkatan literasi dan kompetensi teknologi. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dengan membekali mahasiswa keterampilan digital yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
Author: Muhammad Fariz
Editor: Marina
#SDGs4 #SDGs8